Program Terbaru Yayasan Satu Jalan Bersama: Educational Support

Mendapatkan pendidikan yang layak merupakan hak dasar bagi setiap manusia, tidak terkecuali untuk orang dengan disabilitas, orang yang pernah mengalami kusta maupun keluarganya. Namun tak jarang ditemui kasus anak dengan disabilitas, kusta, maupun keluarga dari orang yang pernah mengalami kusta harus putus sekolah, baik karena stigma maupun keterbatasan biaya. Oleh karena itu, mulai dari tahun 2023, Yayasan Satu Jalan Bersama akan melaksanakan program Educational Support atau dukungan pendidikan untuk orang yang pernah mengalami kusta atau keluarganya.

Program Educational Support akan mulai dilaksanakan bulan Februari 2023. di desa rehabilitasi kusta Nganget. Target penerima bantuan ini adalah anak yang menempuh pendidikan tingkat SMA maupun kuliah. Bantuan biaya akan diberikan setiap bulan secara rutin. Selain bantuan biaya pendidikan, program Educational Support juga meliputi bimbingan persiapan masuk kuliah maupun menyiapkan diri untuk mencari pekerjaan untuk anak-anak yang telah lulus SMA maupun lulus kuliah. Yayasan Satu Jalan Bersama dengan senang hati mengajak pembaca, volunteer yang pernah mengikuti work camp sebelumnya untuk ikut serta dalam program Educational Support sebagai donatur. Informasi lebih lanjut mengenai ketentuan dan alur donasi akan diumumkan melalui website maupun media sosial lainnya.

Dengan adanya program Educational Support, kami berharap anak-anak, keluarga, dan orang yang pernah mengalami kusta bisa mendapatkan pendidikan yang layak untuk kehidupan yang lebih baik, sejalan dengan berkurangnya stigma dan diskriminasi terhadap orang yang pernah mengalami kusta di masyarakat.